Snippet

Cara Mengaktifkan Kombinasi Ctrl+Alt+Backspace untuk restart XServer di Ubuntu 14.04 lts


setelah menginstal ubuntu 14.04 lts, hal pertama yang ingin saya aktifkan adalah kill the xserver.
kenapa..?
sebab ini adalah fitur yang selalu mengatasi masalah yang saya alami :D mengingat laptop saya yang murah :D agak sulit yah ^_^,)? melakukan proses pekerjaan multi tasking :D sering heng >,<'
makanya saya butuh..

cekidot..
Memang disadari Ubuntu hampir tidak pernah mengalami NOT RESPONDING, HANG, CRASH, bahkan MEMBEKU. Namun jika hal tersebut terjadi, itu cukup melakukan Reebot parsial ( hanya lingkungan grafis )

Cara ini lebih baik ketimbang melakukan Reboot keras oleh tombol power fisik dengan kata lain menekan sambil menahan tombol power hingga sistem shutdown secara paksa.

Untuk reboot parsial anda dapat menggunakan tombol kombinasi ctrl+alt+backspace. tombol kombinasi ini dulunya diaktifkan secara default, tetapi pada Ubuntu versi 14.04 lts pengaturan ini tak lagi ada dalam daftar pengaturan keyboard shorcut pada keyboard layout setting

cara mengaktifkannya sebagai berikut :

1. Masuk di terminal ctrl+alt+t
2. Ketik sudo gedit /etc/default/keyboard
3. Tekan enter dan masukkan kata sandi jika dibutuhkan
4. cari baris: XKBOPTIONS = ""
5. Ganti baris tersebut dengan : XKBOPTIONS="terminate:ctrl_alt_bksp"
6. Simpan dan tutup, lalu reboot sistem now

setelah itu silahkan login kembali untuk mengujinya: ctrl+alt+back space seharusnya hanya reboot desktop dan membawa anda kembali ke jendela login

penulis : ryan
source  : Easy Linux tips project

3 comments:

  1. saya menyimak saja mas
    soalnya belum pernah menggunakan ubuntu sih

    ReplyDelete
  2. kayaknya ini komen perdana disini deh,alhamdulillah dapet pertamax
    salam kenal yamas

    ReplyDelete
  3. .. numpank tampank aja dachhhh,, abiz nya aq bingunk dan gak paham tentang gituan. huhh ..

    ReplyDelete

@jerukeriput. Powered by Blogger.
blogwalking.. Selamat datang di blog saya.